Selasa, 06 Maret 2012

5 Pemain sepak bola dengan gol terbanyak di ajang piala dunia





1. Just Fontaine (13 Gol)
Just Fontaine adalah mantan pemain sepak bola Perancis. Ia memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen Piala Dunia FIFA dengan 13 gol, yang ia cetak pada Piala Dunia FIFA 1958 di Swedia. Fontaine memulai karier profesional di USM Casablanca di Maroko, di mana ia bermain dari 1950 hingga 1953. Ia direkrut Nice pada tahun 1953 dan berakhir di klub Stade de Reims total gola dia cetak 165 gol dalam 200 pertandingan diLigue 1 (Liga Perancis), dan dua kali menjuarainya (1958 dan 1960).




Just Fontaine (Sumber:focus.de)




Di tim nasional Perancis, statistik Fontaine lebih hebat lagi. Pada debutnya pada 17 Desember 1953, Fontaine mencetak hattrick saat Perancis mengalahkan Luxemburg 8-0. Dalam tujuh tahun, ia mencetak 30 gol dalam 21 kali penampilan. Penampilannya yang paling mengesankan adalah pada Piala Dunia 1958, saat ia melesakkan 13 gol yang masih menjadi rekor hingga saat ini, termasuk mencetak 4 gol saat melawan Jerman Barat yang merupakan juara bertahan.

2. Sándor Kocsis (11 Gol)
Sándor Kocsis Péter adalah pemain sepak bola Hungaria yang bermain untuk Ferencváros TC, Budapest Honvéd, Young Fellows Zürich, FC Barcelona. Kocsis adalah pencetak gol produktif untuk kedua untuk tim Honvéd  Budapest  dan Hongaria. Sementara bermain untuk Honvéd, ia adalah pencetak gol teratas di setiap liga Eropa di kedua 1952 dan 1954. Dia juga mencetak 75 gol dalam 68 penampilan untuk Hungaria. Kocsis juga adalah pencetak gol terbaik di Piala Dunia 1954 di Swiss dengan 11 gol, menjadi pemain pertama yang mencetak dua trik  di Piala Dunia.




Sándor Kocsis (sumber:wordpress.com)




3. Gerd Müller (10 Gol) 
Gerd “Der Bomber” Müller adalah mantan pemain sepak bola Jerman Barat. Dengan rekor nasional sebesar 68 gol dalam 62 penampilan internasional serta 365 gol dalam 427 penampilan di Bundesliga, ia adalah salah satu pemain tersukses pada masanya.
Dengan München, Müller memenangi Bundesliga empat kali, Piala Jerman empat kali, Piala Champions tiga kali, Piala Interkontinentalsekali, dan Piala Winners sekali. Seorang pencetak gol yang oportunis, ia juga tujuh kali menjadi pencetak gol terbanyak di Jerman dan dua kali di Eropa.




Gerd Müller (Sumber:futbolca.com)




Dari München ia kemudian pindah ke Amerika Serikat, memperkuat Fort Lauderdale Strikers selama tiga musim, di mana ia sekali berhasil membawa tim tersebut hingga final liga meskipun tidak berhasil menjadi juara. Di Piala Dunia Meksiko 1970 ia meraih sepatu emas dengan menyarangkan 10 gol ke gawang musuh.

4. Eusébio dan Ademir (Masing-masing 9 Gol)
Eusébio da Silva Ferreira, dikenal sebagai Eusébio, adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Portugal yang menjadi top skor (9 gol) pada Piala Dunia 1966. Ia bermain di klub SL Benfica selama 15 tahun. Sedangkan Ademir Marques de Menezes adalah pemain sepak bola Brasil, yang juga sama mengoleksi 9 gol di ajang Piala Dunia 1950 di Brazil.




Eusébio (Sumber:enciclopedia.com.pt)


Ademir (Sumber:blogspot.com)




5. Guillermo Stábile  dan Ronaldo (Masing-masing 8 Gol)
Guillermo Stábile merupakan mantan pemain dan pelatih sepak bola Argentina. Saat dahulu bermain, ia berposisi sebagai penyerang. Klub terakhir tempat ia bermain adalah Red Star Paris. Sementara, klub terakhir yang ia latih adalah Racing Club. Guilermo hanya bermain pada tahun 1930 untuk tim nasional Argentina. Pada saat itu, ia bermain 4 kali dan mencetak 8 gol. Ia juga termasuk skuad Argentina pada Piala Dunia pertama dan berhasil meraih gelar sepatu emas selaku pencetak gol terbanyak turnamen dengan 8 gol yang ia cetak.




Guillermo Stábile (sumber:ask.com)


Ronaldo (Sumber: sportsbuzznation.com)




Setali tiga uang, begitupun dengan Ronaldo. Setelah sembuh dari cedera selama hampir 2 tahun, Seleção kembali memanggil Ronaldo, menyusul penampilannya yang makin membaik bersama Inter Milan. Pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari menjadikan Ronaldo bagian dari trio penyerang Seleção bersama dengan Rivaldo dan Ronaldinho. Penampilan impresif trio yang dijuluki 3 R berhasil membawa Brasil sekali lagi tampil di final dalam 3 Piala Dunia terakhir. Kali ini melawan Jerman yang mengandalkan kiper Oliver Kahn. Seleção kali ini meraih hasil maksimal dengan mengalahkan Jerman 2-0, kedua gol diborong oleh Il Fenômenoyang juga memastikan dirinya meraih penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak dengan 8 gol. Ia juga menyamai rekor legenda Brasil, Pelé yang telah mencetak 12 gol selama tampil dalam ajangPiala Dunia.(**)

Tidak ada komentar: