Sabtu, 10 Maret 2012

Pencetak gol terbanyak piala eropa sepanjang masa

1. Michel Platini

 
Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan sepak bola piala Eropa sampai dengan saat ini masih dipegang oleh pemain legendaris Prancis ini, dengan total 9 gol. Legenda Prancis, Michel Platini, hanya membutuhkan satu putaran final piala Eropa, yang digelar di negaranya untuk menobatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Eropa. Rekor mencetak gol terbanyak dalam sebuah kejuaraan Piala Eropa oleh Platini, sampai dengan saat ini belum bisa dipecahkan oleh siapapun.


2. Alan Shearer

 
Pencetak gol terbanyak kedua dipegang oleh pemain Inggris ini dengan 7 gol.


3. Patrick Kluivert, Ruud, Van Nistelrooy, Thierry Henry dan Nuno Gomes

 


diikuti oleh 4 pemain yang mencetak 6 gol bagi negara mereka di ajang Piala Eropa. Keempat pemain tersebut dua berasal dari Belanda yaitu Patrick Kluivert Ruud van Nistelrooy, dua pemain lainnya adalah Thierry Henry asal Prancis dan Nuno Gomes yang berasal dari Portugal.


4. Jürgen Klinsmann, Savo Milošević, Marco van Basten dan Zinedine Zidane

Beberapa bintang sepak bola di era akhir 80-an sampai awal 2000-an seperti Jürgen Klinsmann, Savo Milošević, Marco van Basten dan Zinedine Zidane, hanya menempati posisi ketiga daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa kejuaraan sepak bola antar negara Eropa dengan 5 gol.



Tidak ada komentar: